Daftar Kontrasepsi yang Tidak Bikin Gemuk

Kontrasepsi atau perangkat kontrol kelahiran yang diucapkan secara akrab telah terbukti efektif untuk menyelamatkan kehamilan dan mengontrol jarak kelahiran. Merencanakan kehamilan yang baik dapat menambah kualitas hidup keluarga. Saat ini, ada juga banyak jenis alat KB yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan kenyamanan Anda.

Sayangnya, masih ada pendamping yang enggan memakai kontrol kelahiran, terutama wanita yang takut kenaikan berat badan alami.

Ketika ada lho, alat KB yang tidak membuat gemuk. Berikut ini telah dikumpulkan tiga pilihan alat KB yang tidak membuat lemak yang bisa Anda pilih.

1. IUD

IUD adalah alat kontrasepsi berupa T yang dimasukkan ke dalam rahim. IUD sangat efektif untuk menghindari kehamilan hingga 10 tahun dengan efektivitas mencapai 99 persen. Karena tidak memiliki hormon, IUD tidak ingin membuat tubuh gemuk. Tidak hanya itu, IUD juga benar-benar ekonomis, tidak mendominasi produksi ASI, dan dapat digunakan hingga menopause.

2. Implan

Implan adalah kontrasepsi elastis yang ditanamkan di bawah kulit tangan atas wanita. Implan tidak permanen dan efektif menghindari pembentukan kehamilan hingga tiga tahun. Obat mencegah kehamilan efektivitas pengendalian kelahiran hingga 99,95 persen.

Meskipun itu adalah kontrol kelahiran hormonal, tetapi hormon dalam KB implan ada metode kerja yang berbeda dengan hormonal lain (lepas landas dosisnya benar-benar kecil dan teratur). Meskipun ada persentase kecil dari implan pengendalian kelahiran konsumen yang menghadapi kenaikan berat badan, mereka dapat kembali menurunkan berat badan dengan mengatur latihan rutin untuk membantu tubuh melepaskan air.

Anda tidak perlu ragu untuk memasang implan kontrol kelahiran karena tidak hanya ada tingkat kemenangan yang tinggi, implan juga benar-benar ekonomis dan praktis, pengembalian cepat tingkat kesuburan, sebenarnya dapat menurunkan risiko beberapa penyakit radang panggul.

3. Kondom

Jika Anda masih ragu untuk memakai kedua perangkat kontrol kelahiran di atas, Anda dapat mengharapkan pendamping untuk mengenakan kondom. Karet dalam bentuk silinder yang dipasang pada penis tentu tidak akan membuat tubuh Anda gemuk. Namun, efektivitas kondom hanya 85 persen, lebih rendah dari efektivitas perangkat pengendalian kelahiran lainnya.

Agar penggunaan kondom berhasil menyelamatkan kehamilan, kondom harus dikenakan dengan benar. Tidak hanya itu, pastikan kondom sering tersedia setiap kali Anda berkorelasi seksual.

Itulah tiga pilihan alat KB yang tidak berdampak pada lemak tubuh. Diskusikan dengan pendamping sambil memutuskan alat kontrol kelahiran demi keselamatan bersama, ya.

Sumber : tundakehamilan.com

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *